Loading
08Dec 2016

0

700

0

Apa Itu Plesk

Halo PadiFLEZ maniaa…

Kali ini saya akan mencoba membahas apa itu PLESK, seperti yang sudah kita ketahui bersama PadiFLEZ mengusung PLESK sebagai control panel cloud hosting yang baru dan sedang kita promosikan 🙂

Lalu apa sebenernya itu PLESK?

PLESK adalah solusi aplikasi berbasis Web yang dirancang untuk mempermudah administrasi server berbasis Unix dan Windows yaa PLESK juga support dengan system operasi windows. PLESK membantu perusahaan webhosting dan resellernya dalam menyediakan layanan yang lebih cepat kepada pemilik domain/situs Web dengan menyerahkan sebagian beban manajemen server kepada para user itu sendiri.

Walaupun banyak fasilitas pada PLESK yang dapat mempermudah perusahaan webhosting dalam mengatur server Web mereka, namun PLESK dapat juga membantu para pemilik domain yang memiliki mesin server Web sendiri—yang mungkin dikolokasi atau ditempatkan di ISP—seperti perusahaan dotcom yang ingin melakukan manajemen email (membuat/menghapus account email/webmail), konfigurasi database, dan masih banyak kegiatan-kegiatan standar lainnya. Dengan PLESK hal ini dapat dilakukan oleh staf nonteknis.

Sementara itu bagi pemilik perusahaan webhosting sendiri, PLESK mempermudah karena dapat memberikan akses kepada pelanggan ke control panel berbasis Web agar mereka mengatur situs Webnya sendiri. Bagi tenaga support sebuah perusahaan webhosting, dengan adanya control panel proses pembuatan account baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu ke console untuk menjalankan perintah-perintah Unix.

Adapun yang sudah banyak kita kenal sebagai control panel hosting adalah cPanel dimana hampir banyak sekali perusahaan webhosting menggunakan cPanel sebagai panel admin untuk servernya. lalu apa saja perbedaan Plesk dan cPanel?

  • 1. User Interface / Antarmuka Pengguna

Plesk memiliki tampilan user interface yang sangat bersih dan praktis, sehingga sangat mudah digunakan dan dipelajari bahkan oleh seorang pemula. Installasi untuk berbagai aplikasinya pun mudah dan terpusat.

cPanel merupakan control panel yang paling banyak dipakai di Indonesia, sehingga mungkin saja user Indonesia lebih akrab dengan tampilan cPanel. Tapi untuk mempelajarinya tidak semudah mempelajari Plesk Control Panel.

  • 2. OS Support

cPanel hanya berjalan pada CentOS, RedHat dan CloudLinux dan tidak bisa dijalankan pada OS Windows. Sementara OS Windows masih menguasai dunia, maka cPanel bersifat lebih “terbatas”.

Plesk Control Panel jauh lebih fkesibel dalam poin ini, karena selain support Linux, Plesk Control Panel juga bisa dijalankan di OS Windows.

Jelas Plesk lebih fleksibel dibandingkan dengan cPanel karena kemampuannya yang bisa digunakan lintas OS.

advert-03

  • 3. Panel Admin

cPanel dilengkapi dengan Web Host Manager (WHM) sebagai standar, meskipun shared hosting pengguna tidak akan melihat WHM kecuali mereka meng-upgrade ke reseller atau VPS hosting. CPanel sisi adalah untuk pemilik website, sedangkan WHM adalah untuk administrator server. Meskipun terkait, kedua sistem memiliki login dan antarmuka yang terpisah.

Plesk, di sisi lain, memiliki satu login untuk administrator dan pengguna. Dengan Plesk Control Panel, kemudahan membuat e-mail dan subdomain akan lebih terasa. Panel Admin di Plesk terlihat lebih professional.

” Dapatkan Webisite Instan Company Profile Dengan Harga Bersahabat Join Us Right Now “

  • 4. Kemudahan Migrasi

Kedua control panel ini, cPanel dan Plesk Control Panel memiliki kemudahan migrasi yang sama. Tapi tentu migrasi ini biasanya berlaku untuk control panel yang sejenis. Missal :

cPanel ke cPanel dan atau Plesk ke Plesk.

Migrasi antar control panel juga mungkin terjadi, tapi tentu tidak semudah migrasi dengan control panel yang sama.Sehingga, pikirkan dan pelajari lagi sebelum benar-benar memilih control panel.

Comments (0)

Leave a Reply

%d bloggers like this: